Zaman Neozoikum atau Kenozoikum : Ciri & Pengertian

Zaman Neozoikum diperkirakan terjadi tidak cukup lebih 60 juta th. yang selanjutnya hingga sekarang. Zaman neozoikum ini dibagi atas dua zaman yaitu zaman tersier dan zaman kwarter.

Zaman kenozoikum atau neozoikum dikenal bersama zaman mamalia, dikarenakan kepunahan di zaman pada mulanya membawa dampak kemunculan mamalia bisa berkembang dan mendominasi.

Perkembangan dan perkembangbiakan mamalia terlalu pesat dikarenakan reptil karnivora di zaman mesozoikum sudah tidak ada.

Dalam pembahasan kali ini, kami dapat mengemukakan secara lengkap dan memahami yaitu berkenaan Sejarah Zaman Neozoikum, beserta periode terhadap zamannya.

Untuk ulasan selengkapnya, mari review secara bersama-sama.

Apa itu Zaman Neozoikum atau Kenozoikum ?

Zaman Neozoikum juga dikenal sebagai Kenozoikum atau Senozoikum. Istilah tersebut merupakan berasal dari sebuah bahasa Yunani, yakni Kainos, yang artinya "New" dan Zoe, artinya "kehidupan".

Era neo-zoic atau kenozoic ini bersama demikian mampu disimpulkan sebagai sebuah kehidupan baru.

Dalam arti yang lebih luas, zaman Neozoikum merupakan sebuah jaman geologis baru di mana keadaan bumi telah membaik gara-gara bumi bersama langkah total telah terbentuk.

Selama jaman ini, embrio manusia berkembang pesat.

Itulah sebabnya Zaman Neozoikum disebut Zaman Kehidupan Baru. Dalam geologi, Neozoikum adalah yang paling akhir dari tiga periode geologis klasik.

Ciri-ciri Zaman Neozoikum atau Kenozoikum

Adapun beberapa ciri zaman kenozoikum atau neozoikum sebagai berikut;
- Hewan paling mendominasi adalah mamalia.
- Iklim telah stabil.
- Tumbuhan yang mendominasi yakni rumput.
- Aktifitas tektonik cukup stabil dan jadi berkurang.
- Munculnya kehidupan manusia.
- Terjadinya kepunahan megafauna atau hewan berukuran besar.
- Berlangsung sekitar 60jt tahun yang lalu
- Terbagi menjadi 2 zaman yaitu : zaman tersier dan zaman kuarter
Selama zaman kenozoikum atau neozoikum mamalia berkembang biak dan berevolusi dari wujud terkecil dan simple lantas masing-masing berevolusi menjadi beragam macam hewan darat dan laut.

Tanaman paling berperan penting yakni rumput, sebagai makanan hewan herbivora ataupun mamalia. Zaman kenozoikum ini juga zaman dari manusia purba homo sapiens yang terjadi pada akhir periode kuarter.

Pembagian Zaman Neozoikum atau Kenozoikum

Terdapat beberapa bagian dalam sebuah zaman neozoikum, yang dapat dijelaskan sebagai berikut:

Neozoikum Zaman Tersier

Periode di era tersier berikut yaitu dapat dibagi dalam jadi sebuah dua fase atau tahapan, diantaranya ialah:

Fase Paleogen

Diperkirakan kurang lebih 23 hingga 65 juta tahun lalu, dan dalam sebuah periode paleogenik juga dibagi jadi tiga tahapan, yaitu Eosen, Paleosen, dan Oligosen.
- Paleosen (23 hingga 65 juta tahun lalu) menandai hilangnya reptil besar.
- Oligosen (23 hingga 33,9 juta tahun lalu) menandai ada sebuah penyebaran dalam tanaman rumput, hingga spesies baru seperti gajah (mammoth), anjing, kucing, marsupial dan banyak kembali untuk berkembang.
- Eosen (33 hingga 56 juta tahun lalu) menandai ada timbulnya mamalia.

Fase Neogen

Dalam sebuah tahapan ini, yaitu telah berlangsung pada 2,58 hingga 23 juta tahun lalu. Periode ini juga dibagi jadi dua fase era, yaitu Pliosen dan Miosen.
- Pliosen (2,58 hingga 5,3 tahun lalu) ditandai dalam sebuah perubahan iklim kering yang telah memicu mediterania jadi kering sepanjang jutaan tahun, membentuk sabana luas.
- Miosen (23 hingga 5,3 juta tahun lalu) menandai ada sebuah keberadaan populasi moderen invertebrata laut dan pertumbuhan hutan ganggang yang mengarah terhadap pembentukan sebuah spesies baru.

Neozoikum Zaman Kuarter

Dalam penentuan periode triwulanan dalam th. 2009 yang sudah mengakui terdapatnya stratigrafi komisi internasional sebagai membantu paleontologis mengklasifikasikan moment perlu di masa lalu.

Pada sebuah periode tersebut, yaitu berlangsung sekitar (2,58 juta th. lalu) dan dibagi jadi sebuah dua tahapan, yaitu Holocene dan Pleitocene.
- Holocene, Selama Holosen, suhu bumi naik, mencairkan es di kutub dan membanjiri daratan yang jadi laut dangkal. Ketika dalam sebuah lempeng bumi bergeser, levelnya naik dan membentuk level. Cikal akan dalam munculnya orang cerdas (Homo Sapiens) yaitu dapat ditemukan di sebuah masa tersebut.
- Pleitocene (Awal, Tengah, Akhir) Pada titik ini, terdapatnya sebuah situasi alam yang tetap benar-benar tidak stabil, dikarenakan ada dua zaman yang berganti-ganti pada zaman glasial dan masa interglasial. Selama periode glasial, suhu bumi turun sedemikian rupa sehingga negara itu sudah tertutupi oleh es (zaman es), selagi dalam sebuah area yang jauh berasal dari Polandia mengalami hujan lebat dengan selagi yang begitu benar-benar lama.

Selama masa ini, lempeng bumi bergeser dan jenis endogen bumi dipaksa membentuk gunung. Periode ini yaitu berasal berasal dari orang tua yang hidup berasal dari berburu dan memakai alat untuk membantu kehidupan mereka dengan kayu, tanduk, batu, tulang, dan lain-lainnya.





LihatTutupKomentar
advertisement