Pengertian, Ciri dan Fungsi Secara Lengkap : Kapak Genggam

Kapak Genggam Adalah - Pengertian Kapak genggam merupakan kapak dari batu seukuran tangan tidak mempunyai tangkai yang berasal dari zaman paleolitikum langkah menggunakannya dengan di genggam.

Manusia purba di zaman paleolitikum pakai alat alat berasal dari batu bikin bantu mereka beraktivitas seperti, numbuk biji bijian, memotong, dan berburu.

Alat alat berasal dari batu itu yang menjadi bukti kalo zaman paleolitikum itu bener bener ada.

Kapak ini adalah alat paling lama yang digunakan dalam histori manusia dan merupakan anggota dari periode Acheulean (Paleolitikun bawah) dan Mousterian (Palaeolitikum tengah).

Bentuk kapak genggam berwujud nyaris simetris disepanjang sumbu longitudinal dan dibentuk dengan tekanan gesekan untuk membentuk ujung-ujung yang tajam.

Salah satu peninggalan di zaman paleolitikum yang hingga detik ini tetap mampu kita nikmati fungsinya adalah kapak genggam.

Benda peninggalan zaman Paleolitikum ini merupakan sebuah alat yang memang digunakan bersama dengan cara digenggam. Mari kita kenalan dulu jika kamu belum faham juga.

Kapak Genggam Adalah ?

Kapak genggam merupakan hasil budaya berasal dari zaman paleolitikum berlangsung juga di jaman Pleistosen yang lebih dari satu besar terbuat berasal dari bahan baku batu seperti riolit, fonolit, kuarsit, dan batuan kasar lainnya

Jika dilihat berasal dari gambar kapak genggam ini, tajamannya disiapkan lewat sesi penyerpihan terjal di tempat permukaan atas menuju pinggiran batu dimana kulit batunya masih menempel hanya terhadap pangkal alatnya sebagai tempat untuk berpegangan.

Secara sederhana dapat kami simpulkan bahwa kapak genggam merupakan suatu wujud kapak perimbas yang lebih terkesan modern.

Dimana Kapak Genggam ditemukan ?

Di Indonesia kami terhitung kerap menemukan beraneka kapak genggam.

Sejumlah kapak yang ditemukan selanjutnya dikenal dengan makna sumatralith atau batu Sumatra dikarenakan pada awalnya, pertama kalinya ditemukan adalah berada di lokasi Sumatra.

Pada jaman awal ditemukan kapak genggam, ciri – ciri utama dari budaya khusus ini adalah menghasilkan produk alat – alat batu kerakal yang dikenal dengan makna pebble tools dengan menggunakan suatu teknik pemangkasan secara memanjang dan mendatar hanya pada salah satu sisi saja.

Konsep kapak genggam yang semacam ini ditemukan pertama kalinya di Semenanjung Malaya, di Vietnam, Laos, Thailand, Kamboja, Tasmania, Australia dan terhitung China Selatan.

Artefak ini di Indonesia ditemukan di pantai Sumatera Utara, Lhok Seumawe dan terhitung di daerah Binjai.

Gambar Kapak Genggam Seperti apa ?

Kita perlu mengenal lebih lengkap juga gambar detail dari kapak genggam ini, karena untuk kita pelajari seperti apa manusia purba zaman dahulu.




Jenis-Jenis Kapak Genggam yang Ditemukan

Banyak ragam dan jenis dari kapak genggam yang bisa kita bedakan, jadi kita bisa mudah memberdakannya.

Kapak perimbas dan gambarnya
Kapak perimbas merupakan sejenis kapak yang digenggam dan bentuknya benar – benar masif.

Biasanya kapak yang satu ini digunakan untuk memotong kayu, memahat tulang dan terhitung bisa dijadikan sebagai sebuah senjata untuk menjaga diri.

Kapak yang satu ini bisa ditemukan di area Gombong, provinsi Jawa Timur dan terhitung pernah ditemukan di area Sukabumi, provinsi Jawa Barat serta Goa Choukoutienn yang ada di Beijing China.

Jenis kapak perimbas sesuai bersama gambar kapak genggam perimbas bisa kami temukan terhitung di area Pacitan, Jawa Timur.

Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan fakta bahwa kapak yang ditemukan di Indonesia ini merupakan kapak asli berasal dari kebudayaan Pacitan yang telah ada sejak zaman dahulu.

Kapak Persegi + Gambarnya
Kapak persegi merupakan senjata atau alat yang digunakan oleh manusia purba untuk mencangkul berburu dan juga digunakan untuk upacara pemakaman manusia purba.

Jenis kapak yang satu ini bisa ditemukan di bermacam tempat yang tersedia di Indonesia secara tertentu didaerah pulau Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan dan pulau Jawa.

Jenis kapak persegi yang satu ini dibuat bersama dengan menggunakan api yang telah diasah sampai benar – benar tajam terlebih dahulu.

Dikatakan bahwa style kapak yang satu ini dibawa oleh orang yang berasal berasal dari Yunan Kesemenanjung Malaka yang sesudah itu masuk ke Pulau Jawa melalui lokasi Sulawesi, Sumatera, Kalimantan dan juga Maluku.

Kapak Lonjong (Gambarnya)
Jenis kapak genggam yang satu ini merupakan sebuah kapak penampang. Kapak ini hadir bersama dengan dua ukuran yang tidak sama yaitu ukuran besar dan ukuran kecil.

Kapak lonjong dapat ditemukan di beberapa lokasi Indonesia seperti di Sulawesi, Maluku, Flores, Kepulauan Tanimbar, Sangihe Talaud dan yang lainnya.

Kita saatny akan membahas ciri-ciri dari kapak genggam itu, karena jelas kapak genggam memiliki ciri dan fungsi yang berbeda.

Ciri-Ciri dari Kapak Genggam

Berikut ini adalah hal umum akan ciri-ciri dari Kapak Genggam yang dapat dibedakan serta memiliki fungsinya masing-masing.

Adapun ciri-Ciri kapak genggam anatara lain :

- Berasal berasal dari zaman paleolitikum
- Terbuat berasal dari bahan baku berasal dari batu riolit, fonolit, kuarsit, dan batuan keras.
- Berbentuk meruncing dan masih kasar.
- Memiliki segi tajam.
- Ukuran batu seukuran genggaman tangan.

Awal pembuatan kapak genggam dibuat berasal dari batu bersifat bulat, dapat namun banyak terhitung yang terbuat berasal dari serpihan besar.

Membuat kapak genggam berasal dari serpihan sebenarnya lebih mudah daripada yang masih bersifat bulat utuh.

Karena lebih mudah mendapatkan anggota tepian tajam

Fungsi Utama Kapak Genggam

Fungsi kapak genggam pada lain :

+ sebagai alat untuk memotong hewan,
+ sebagai sumber alat untuk memicu alat serpih,
+ untuk memotong kayu,
+ membuat serat-serat berasal dari mengikis kulit pohon,
+ sebagai alat untuk melempari mangsa,
+ sebagai alat untuk menggali umbi-umbian
+ senjata untuk menyerang lawan.

Kapak genggam merupakan hasil budaya berasal dari zaman paleolitikum berlangsung di jaman Pleistosen yang lebih dari satu besar terbuat berasal dari bahan baku batu layaknya riolit, fonolit, kuarsit, dan batuan kasar lainnya.

Demikian berkenaan pengertian, fungsi, langkah pembuatan, penggunaan kapak genggam. Semoga tingkatkan wawasanmu.
LihatTutupKomentar
advertisement