Manusia Purba Pithecanthropus Erectus : Pengertian, Gambar & Penemu

Manusia Purba Pithecanthropus Erectus - Tidak saja kamu yang memiliki bentuk seperti kera karena ada lho kera yang menyerupai manusia, bahakn mungkin mereka adalah manusia.

Namun dengan spesies yang bisa saja berbeda dengan manusia pada umumnya, sehingga mereka tidak seperti kita yang bisa lebih pandai dan pintar.

Akan tetapi makhluk seperti ini memang patut untuk kita pelajari, karena jelas mereka memiliki masalalu yang berbeda dengan kita.

Sehingga kita perlu menyimpulkan seperti apa mahluk Pithecanthropus Erectus ini ?

Apa Pengertian Pithecanthropus erectus ?

Pengertian Pithecanthropus erectus adalah manusia purba berasal berasal dari bahasa Latin yang bermakna phithecos yakni kera, anthropus bermakna manusia, erectus bermakna berdiri tegak.

Jadi Pithecanthropus erectus bermakna manusia kera yang berdiri tegak. Mereka udah punah dan kini termasuk genus Homo erectus.

Siapa Penemu Pithecanthropus erectus ?

Manusia purba Pithecanthropus erectus hidup terhadap zaman batu tua (palaeolithikum), manusia kera ini ditemukan pertama kalinya oleh Eugène Dubois terhadap th. 1891.

Mereka pergi ke benua Asia memiliki tujuan untuk menemukan bukti dan peristiwa nenek moyang manusia di benua tersebut.

Karena inspirasi utama Dubois terhadap waktu itu menunjukkan bahwa manusia purba berasal berasal dari benua tersebut.

Pithecanthropus erectus tertua dan pertama di indonesia ditemukan di area Trinil (Ngawi). Penemuan di area selanjutnya di gali, ditemukan berupa tulang kaki, tulang rahang (hanya bagian atasnya saja) dan geraham.

Dalam pengelompokan nama ilmiah, pithecanthropus erectus merupakan genus pertama dan paduan spesies dari Pithecanthropus ini sebagai bahan pembukuan yang dimuat oleh Dubois yaitu Anthropopithecus erectus kemudian menjadi Pithecanthropus erectus.

Selanjutnya, lakukan penelitian dan penggalian untuk menemukan material hominid tersebut, untuk meyakinkan para peneliti bahwa spesies itu menyerupai kita dan memenjadi standing dari genus yang berbeda.

Berkembangan dalam penelitian pithecanthropus erectus, mereka berpendapat bahwa materi penamaan dari bermacam bernua kudu diberikan secara berbeda cocok area area hidupnya.

Maksud tersebut, kita belum mampu mengetahui apakah kumpulan dari bermacam benua yang tidak sama, mampu mewakili spesies biologis (tidak mampu lakukan kawin silang) dan diklasifikasikan sebagai spesies yang dicermati secara geografis.

Seperti type spesies dari benua Asia yang ditemukan di pulau Jawa dengan sebutan "Erectus" dan dari Afrika yaitu "Ergaster".

Pithecanthropus erectus hidup lebih kurang 500 ribu - 1 juta tahun yang lalu. Di Indonesia kaya dapat sumber kekuatan alam, supaya banyak kehidupan yang berkembang di sini.

Seperti apa manusia purba pithecanthropus, type jenis manusia purba ini punya bentuk wajah sama layaknya kera.

Untuk lebih jelasnya baiklah kita bisa mulai saja, seperti ini ciri-ciri manusia purba jenis ini.

Ciri-Ciri Lengkap Manusia Purba Pithecanthropus Erectus

Buat yang suadah tidak sabar maka beirkut ini adalah ciri-ciri umum yang sudah diketahui selama ini akan manusia puerba Pithecanthropus Erectus.

Berikut ciri-ciri fisik manusia purba pithecanthropus erectus yaitu:
  1. Memiliki volume otak pithecanthropus erectus kurang lebih 900 cc.
  2. Tinggi badan 165 sampai 180 cm
  3. Memiliki berat badan kurang lebih 80 kg sampai bersama dengan 110 kg
  4. Bentuk wajahnya menyerupai kera
  5. Memiliki dagu yang kecil sedang bagian mulut menonjol
  6. Memakan tumbuh tumbuhan
  7. Bagian ubun-ubun pendek
  8. Bagian belakang kepala menonjol
  9. Memiliki tonjolan dibagian kening dan melintang sepanjang pelipis
  10. Mempunyai tulang pipi yang menebal
  11. Memiliki postur tubuh tegap
  12. Memiliki gigi dan rahang yang kuat dan besar
  13. Mempunyai hidung yang tebal

Itulag sedikit ciri-ciri dari Pithecanthropus Erectus yang kita kenal sampai saat ini.

Untuk lebih jelasnya kita akan menampilakn gambar atau ilustrasi dari Pithecanthropus Erectus yang sbenernarnya.

Gambar dari Manusia Purba Pithecanthropus Erectus






Dilihat berasal dari segi fisik pithecanthropus erectus, manusia purba ini mempunyai perawakan seperti kera.

Mereka berkontribusi besar bagi pertumbuhan evolusi manusia. Walaupun, berasal dari penelitian mereka saat ini sudah dimasukan kedalam genus "homo", manusia purba ini dahulunya tinggal dikawasan Pulau Jawa.

Cara hidup pithecanthropus erectus yakni bersama dengan melakukan sistem nomaden atau berpindah-pindah area tinggal.

Dengan sistem ini, jalan hidup mereka dipenuhi bersama dengan melakukan perburuan dan menghimpun makanan yang ditemuinya.

Ketergantungan bersama dengan alam, Pithecanthropus erectus sanggup menciptakan alat-alat yang menolong dalam kegiatan kesehariannya.

Model alat ini pakai bahan baku bersifat batu dan tulang, yang membuat sedemikian rupa. Berikut semisal hasil budaya pithecanthropus erectus yaitu:
  • Alat-alat berasal dari tulang
  • Kapak perimbas
  • Kapak penetak
  • Kapak gengam
  • Pahat gengam
  • Alat serpih

Dengan hidup berpindah-pindah mereka wajib bersinergi bersama dengan alam.

Manusia purba pithecanthropus erectus hidup bersama dengan berkelompok dalam satu keluarga, pengaturan tentang jatah tugas dilakukan dalam kehidupan mereka.

Tugas manusia purba laki-laki dewasa yakni berburu hewan di zona mereka tinggal sedang wanita dan lansia bertugas untuk food gathering (mengumpulkan makanan) dan mengasuh anak-anak mereka.
LihatTutupKomentar
advertisement