Ciri Ciri Zaman Arkaekum


Menurut pakar geologi nih bumi kita ini udah kira-kira 4,6 milyar th. usianya lho!. Lalu apa aja yang berlangsung selama 4,6 milyar th. tersebut?.

Teori astronomi menunjukkan bahwa alam semesta ini dipercaya berawal berasal dari Big Bang atau ledakan besar satu titik tunggal 13,7 milyar th. lalu.

Hasil ledakan tersebut membentuk gugusan galaksi dan benda-benda langit lain sampai proses tata surya dan bumi.

Awalnya bumi kita ini sekedar gumpalan panas yang konsisten berputar membulat kemudian mendingin sampai terbentuk kenampakan fisik layaknya kala ini.

Jadi bumi kita itu mengalami evolusi yang kita sendiri cuma dapat melihatnya berasal dari sisa-sisa fosil aja.

Ciri Zaman Arkaekum, Zaman di mana manusia belum mengenal tulisan disebut bersama dengan zaman pra sejarah.

Awal berasal dari zaman prasejarah yaitu menjadi berasal dari terciptanya manusia di alam sampai manusia sudah menjadi mengenal tulisan.

Karena manusia terhadap masa itu belum mengenal tulisan makan tidak ditemukan bukti-bukti keberadaan mereka lewat tulisan, prasasti ataupun sejenisnya.

Zaman Arkhaikum

Arkeozpoikum bermakna Masa Kehidupan Purba, Masa Arkeozoikum (Arkean) atau Arkaekum merupakan masa awal pembentukan batuan kerak bumi yang lantas berkembang jadi protokontinen.

Zaman arkaekum jadi zaman paling tua yang berjalan tidak cukup lebih 2.500 juta tahun. Batuan masa ini ditemukan di beberapa bagian dunia yang lazim disebut kraton atau perisai benua.

Masa Arkhaikum merupakan masa kerak bumi terbentuk. Pembentukan kerak bumi yaitu bagian pinggir dari "balon bumi" (bakal calon bumi) sudah dingin.

Plate tectonic atau Lempeng tektonik yang membuat gempa itu terbentuk terhadap masa ini. Lingkungan hidup mas itu tentu saja mirip dengan lingkungan disekitar mata-air panas.

Umur batuan tertua yaitu 3.800.000.000 tahun. Masa Arkhaikum merupakan awal terbentuknya Indrosfer dan Atmosfer dan juga awal nampak kehidupan primitif di dalam samudera berwujud mikro-organisma (bakteri dan ganggang).

Fosil tertua yang sudah ditemukan adalah fosil Stromatolit dan Cyanobacteria dengan umur lebih kurang 3.500.000.000 tahun.

Pada zaman ini belum ada kehidupan manusia, tumbuhan maupun hewan. Hal ini karena bumi masih dalam keadaan panas.

Zaman ini merupakan zaman paling tua dibandingkan zaman lain. Zaman ini berjalan terhadap lebih kurang 2500 juta tahun yang lalu.

Ciri-Ciri Zaman Arkaekum

Zaman Arkaekum atau nama lainnya Arkaezoikum adalah zaman tertua bumi yang terjadi pada 2.500 juta th. yang lalu.

Periode ini merupakan awal pembentukan kerak bumi, situasi bumi masih labil.

Belum tersedia tanda-tanda kehidupan, perihal ini disebabkan sebab rotasi bumi masih benar-benar cepat dan suhu udara bumi benar-benar tinggi.

Zaman ini terhitung sering disebut sebagai kehidupan purba. Lalu apa saja ciri-cirinya?

Dibawah ini sudah kita anggapan ciri-ciri zaman Arkaekum, meliputi :
  1. Belum tersedia tanda-tanda kehidupan.
  2. Bumi masih bersifat planet bola gas bersama dengan suhu panas.
  3. Terjadi pada tidak cukup lebih 2.500 th. yang lalu.
  4. Suhu bumi benar-benar tinggi dan panas.
  5. Rotasi bumi benar-benar cepat.
  6. Merupakan periode pembentukan lempeng dan susunan bumi.
  7. Disebut zaman tertua di bumi.
  8. Terbentuknya gunung-gunung api.
  9. Masa pembentukan kerak bumi.

Itulah penjelasan singkat dan sadar perihal Ciri-Ciri Zaman Arkaekum. Semoga pembahasan kali ini berfaedah dan berfaedah bagi pembaca semua.
LihatTutupKomentar
advertisement