Pengertian, Ciri dan Contoh : Ras Australoid

Ras Austroloid - Dari namanya kita bisa mengenal sekali akan ras yang satu ini, bukan dari suara atau dari fisik bayangnya. Namun cukup dari namanya saja kita bisa mengenal ras ini.

Walau tidak 100% murni benar namun ras ini memang sebenarnya masih ada kerabat dengan ras australia namun tetap berbeda.

Kita akan jelaskan lebih jelas Ras Australoid lebih jelas lagi untuk kamu. Karena berbagi pengetahuan dan pengalaman itu asyik bagi kami.

Ras Australoid Adalah ?

Nama Ras Australoid merupakan ras manusia yang mendiami bagian selatan India, Sri Lanka, beberapa kelompok di Asia Tenggara, Papua, kepulauan Melanesia dan Australia.

Untuk kelompok di Asia Tenggara, orang Asli di Malaysia dan orang Negrito di Filipina termasuk ras Australoid ini.

Sebelum Ras Mongoloid tiba di Nusantara, Ras Australoid merupakan ras dominan yang tersebar diseluruh pulau nusantara namun dominan ke bagian timur Nusantara.

Persebaran ras autraloid di wilayah maritim asia tenggara, asia selatan, dan australia. Contohnya masyarakat penghuni Papua, Aborigin Australia, Melanesia (Fiji, Kaledonia Baru dan Vanuatu) dan populasi yang dikelompokkan sebagai "Negrito" (orang Andaman, orang Semang, orang Maniq, orang Aeta, orang Ati, dan berbagai kelompok etnis di Filipina).

Ciri-ciri dari Ras Australoid

Ciri khas utama ras ini ialah bahwa mereka berambut keriting hitam dan berkulit hitam.

Namun ada beberapa anggota ras ini di Australia berambut pirang dan rambutnya tidaklah keriting melainkan lurus.

Selain itu beberapa orang Asli di Malaysia kulitnya juga tidak selalu hitam dan bahkan menjurus putih.

Adapun ciri-ciri secara umum ras australoid antara lain:
- Memiliki warna kulit cokelat kehitaman
- Warna mata gelap
- Rambut bergelombang sampai keriting
- Memiliki tulang alis menonjol
- Memiliki rahang yang besar dan tebal
- Bentuk muka dolichocephalic (lonjong atau oval

Akan tetapi secara jelas ras autraloid memiliki ciri-ciri yang sebagai berikut, kita bisa mulai dari Mata :

#Warna Mata
Ras australoid pada kebanyakan mempunyai warna cokelat kehitaman. Hal ini disebabkan turunan gen dari warna melanin pada mata.

#Warna Kulit
Pigmen kulit yang dimiliki orang australoid membuat perubahan warna kulit. Semakin tinggi kadar pigmen maka warna kulit bakal makin hitam.

Persebaran ras australoid yang tinggal di wilayah yang gersang atau daerah yang intensitas cahaya matahari yang tinggi membawa dampak kulit beradaptasi dalam cahaya UV matahari yang pengaruhi warna dari pigmen kulit.

#Bentuk Rambut
Orang australoid mempunyai wujud rambut disetiap wilayah (negara) berbeda, gara-gara segi perkawinan pada ras lain. Maka, disalah satu daerah terdapat wujud rambut keriting, tersedia pula bergelombang apalagi lurus.

#Tulang Alis Menonjol
Bagian tubuh yang tertentu dari wujud wajah ras australoid adalah tulang alis yang menonjol. Pada kebanyakan ciri fisik paling murni dimiliki oleh orang proto-australoid.

#Wajah Dolichocephalic
Dolichocephalic adalah wajah yang mempunyai wujud lonjong atau oval.

Karakter fisik di dalam klasifikasi ras australoid gabungan antara ras negroid, mongoloid dan kaukasoid.

Orang-orang australoid bercampur bersama dengan bersama dengan ras lainnya layaknya Filipina, Sri Lanka, Myanmar, Kamboja, Jepang, Australia, Melanesia, Singapura, dan Thailand di antara daerah-daerah lain.

Asal-Usul Ras Australoid

Ras australoid pertama kali di perkenalkan oleh Thomas Huxley pada tahun 1870, berdasarkan pengelompokan orang-orang yang berasal dari Asia Selatan, Asia Tenggara dan Oseania.

Istilah ini dikaitkan bersama dengan inspirasi utama berkenaan type ras lainnya, layaknya yang berakhiran "-oid".

Ras Negroid bersama Ras Australoid merupakan kerabat dekat, dilihat secara fisik.

Usia ras australoid jauh lebih muda daripada ras negroid, maka mungkin ras ini merupakan keturunan berasal dari ras negroid.

Pada awal migrasi manusia pada zaman pra peristiwa antara ras negroid kawin silang bersama ras kaukasoid ataupun mongoloid dan menetap di asia selatan.

Ras australoid disebut juga ras campuran, fitur-fitur morfologi berlainan disetiap wilayah.

Ada yang berambut lurus dan ada juga yang bergelombang lebih-lebih lurus, sebab gen keturunan berasal dari negroid bersama kaukasoid ataupun mongoloid.

Hipotesis mengenai migrasi Ras Australoid terkandung bukti tengkorak berasal dari ras Australoid yang ditemukan di lebih dari satu lokasi Amerika, perihal ini mengindikasikan bahwa ras Australoid dulu tinggal dan menetap di Amerika.

Mereka juga diperkirakan sudah bermigrasi berasal dari Afrika dan berakhir di Asia Tenggara.
LihatTutupKomentar
advertisement