Ras Kaukasoid : Ciri, Golongan, dan Pengertian

Ras Kaukasoid - Pernah dengar nama atau ras ini, maka kamu adalah seorang yang banyak wawasan. Sebab memang untuk membahas jenis ras ini perlu pengetahuan yang cukup.

Apalagi dengan bisa menjelaskan Ras Kaukasoid ini perlu banyak jurnal dan buku yang perlu di dengarkan.

Namun kamu cukup beruntung, sebab kami sudah merangkumnya untuk kamu baik sejarah Ras Kaukasoid, golongan Ras Kaukasoid yang ada di Dunis saat ini.

Kita mulai dulu dari sejarahnya dulu, karena Ras Kaukasoid ini memiliki sejarah yang unik.

Sejarah Ras Kaukasoid

Pengertian berasal dari kata "kaukasoid" adalah penggabungan kata Kaukasia merupakan penduduk asli Kaukasus dan imbuhan kata akhiran (id) berasal berasal dari bahasa Yunani (eidos) yang bermakna bentuk/kemiripan.

Pengertian total Kaukasoid adalah kemiripan dengan penduduk asli Kaukasus. Sama halnya layaknya arti ras lain Negroid ataupun Mongoloid.

Pada th. 1785 pemanfaatan rancangan ras kaukasia didalam pengelompokan asal usul manusia secara luas oleh Christoph Meiners yang berkebangsaan Jerman.

Menurut Meiners bahwa ciri khas kaukasia adalah mempunyai kulit putih, paling sempurna dan paling halus. Hal ini diungkapkan serangkaian artikel yang ia bikin untuk membanggakan orang Jerman dengan penduduk benua Eropa.

Hal ini jadi pengacu rasisme tentang perbedaan ras atau golongan.

Tahun 1795 seorang antropolog bernama Johann Friedrich Blumenbach menambahkan tanggapan tentang ras kaukasoid berdasarkan taksonomi dan karniometri.

Anggapan Blumenbach tentang manusia punya asal usul yang sama dan terhitung spesies tunggal. Ia menerbitkan buku "On the Natural Variety of Mankind" pada th. 1851.

Isi yang terkandung didalamnya menyatakan tentang pengelompokan manusia berdasarkan 5 ras meliputi; Mongoloid (ras kuning), Kaukasia (ras putih), Melayu (ras cokelat), Amerika (ras merah) dan Ethiopia (ras hitam).

Ragam Jenis Ras Kaukasoid di Dunia

Banyak ragam dan jenis dari Ras Kaukasoid di dunia ini, karena memang Ras Kaukasoid merupakan ras yang unik dan cukup banyak menempati di dunia ini.

Sehingga jelas Ras Kaukasoid ini memiliki ciri umum yang bisa kita bedakan secara kasat mata, berikut ini adalah ciri umum Ras Kaukasoid di dunia.

Ciri-ciri umum Ras Kaukasoid sebagai berikut :
- Memiliki kulit putih dan dermis paling sedikit dari ras lainnya (kecuali di India)
- Hidung mancung
- Memiliki rambut berwarna cokelat hingga pirang
- Memiliki mulut kecil
- Sudut wajah antara 100° sampai 90°
- Memiliki wajah lonjong dan pirus

Nah untuk ragam jenis Ras Kaukasoid kami berikan 4 jenis, simak sebagai berikut.

Ras Kaukasoid Adalah ?

Ras Kaukasoid merupakan klasifikasi manusia berdasarkan fenotip umum yang dimilikinya, ras ini pada biasanya mempunyai karakteristik kulit berwarna putih.

Persebaran ras kaukasoid pada selagi kemunculannya meliputi Eropa, Afrika Utara, Timur Tengah, Pakistan dan India Utara.

Menurut A.L. Krober, Ras dibagi menjadi 4 golongan, yaitu:

#1. Ras Mongoloid (Berkulit Kuning)
Merupakan ras manusia yang sebagian besar menetap di Asia Utara, Asia Timur, Asia Tenggara, Madagaskar di lepas tepi laut timur Afrika, Beberapa bagian India Timur Laut, Eropa Utara, Amerika Utara, Amerika Selatan dan Oseania.

Anggota ras Mongoloid biasa diucap "berkulit kuning", tetapi ini tidak senantiasa benar. Misalkan orang Indian di Amerika dikira berkulit merah serta orang Asia Tenggara acapkali berkulit coklat muda hingga coklat hitam.

Ciri-ciri :
– Rambut berwarna gelap, lurus
– Bintik mongol pada disaat lahir
– Lipatan pada mata yang acapkali diucap mata sipit.

Tidak hanya itu anggota ras manusia ini acapkali pula lebih kecil serta pendek daripada ras Kaukasoid.

Contohnya penduduk asli daerah Eropa, sebagian Afrika, serta Asia.

Ras mongoloid meliputi: Asiatic Mongoloid( Asia Utara, Asia Tengah, serta Asia Timur); Malayan Mongoloid Asia Tenggara, Indonesia, Malaysia, Filipina, serta penduduk asli Taiwan); American Mongoloid( penduduk asli Amerika)

#2. Ras Negroid (Berkulit Gelap)
Merupakan ras manusia yang paling utama mendiami daratan Afrika di daerah selatan gurun sahara. Generasi mereka banyak mendiami Amerika Utara, Amerika Selatan serta pula Eropa dan Timur Tengah.

Ciri-ciri :
– Berkulit hitam
– Berambut keriting
– Bibir tebal

Anggota ras negroid biasa diucap "berkulit gelap", hendak tetapi anggota ras Khoisan serta ras Australoid, walaupun berkulit gelap serta berambut keriting bukanlah tercantum ras manusia ini.

Contohnya ialah penduduk asli daerah Afrika serta sebagian Asia.

Ras negroid meliputi : African Negroid( Daratan Afrika) Negrito (Afrika Tengah, Semenanjung Malaya yang diketahui orang Semang, Filipina), Melanesian( Papua serta Melanesia).

#3. Ras Kaukasoid (Kulit Putih)
Merupakan ras manusia yang sebagian besar menetap di Eropa, Afrika Utara, Timur Tengah, Pakistan, serta India Utara.

Keturunan mereka pula menetap di Australia, Amerika Utara, sebagian dari Amerika Selatan, Afrika Selatan serta Selandia Baru.

Anggota ras Kaukasoid biasa diucap "berkulit putih", tetapi ini tidak senantiasa benar.

Oleh sebagian ahli misalkan orang Ethiopia serta orang Somalia dikira tercantum ras Kaukasoid, walaupun mereka berambut keriting serta berkulit gelap, mirip dengan anggota ras Negroid. Tetapi mereka tengkoraknya lebih mirip tengkorak anggota ras Kaukasoid.

Ciri-ciri :
– Berkulit putih kemerahan
– Rambut bergelombang

Contohnya ialah penduduk asli daerah Eropa, sebagian Afrika, serta Asia.

Ras Kaukasoid meliputi : Nordic (Eropa Utara, dekat Laut Baltik); Alpine( Eropa Tengah serta Eropa Timur); Mediteranian( dekat Laut Tengah, Afrika Utara, Armenia, Arab, serta Iran); Indic( Pakistan, India, Bangladesh, serta Sri Lanka)

4. Ras- ras khusus
Merupakan ras manusia yang tidak bisa diklasifikasikan dalam keempat ras pokok, antara lain:

Bushman( Penduduk di wilayah Gurun Kalahari, Afrika Selatan); Veddoid( Penduduk di wilayah pedalaman Sri Lanka); Polynesian( Kepulauan Mikronesia serta Polynesia); sertaAinu( Penduduk di wilayah Pulau Karafuto serta Hokkaido, Jepang).

Ras kaukasoid juga kedalam 3 ras besar yang telah kita pelajari saat ini bersama mongoloid dan negroid.

Perbedaan ras ini bersama ras lain adalah bentuk muka ortognathis tetapi struktur kulit yang rentan kalau terpapar terhadap sengatan matahari. Hal ini disebabkan oleh jumlah melanin didalam kulit yang sedikit.

Ras kaukasoid dibagi jadi tiga golongan yakni Arya (Indo-Eropa), Semitik dan Hamitik.
LihatTutupKomentar
advertisement