Fungsi Sorting Bubble di Bahasa C

https://i.ytimg.com/

Triks12 - Teknik yang satu ini merupakan salah satu teknik untuk mengurutkan data/data sorting yang mana dat tersebut itu terbentuk acak hingga sehingga bisa tersusun rapi dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya atau ascending atau descending.

Sebenarnya ada berbagai macam teknik sorting ini diantaranya Bubble sort,Insertion sort,Selection sort dan masih banyak lagi.

Mari kita kupas satu mengenai teknik Bubble sorting dulu :

Bubble Sort adalah salah satu algoritma untuk sorting data, atau kata lainnya mengurutkan data dari yang terbesar ke yang terkecil atau sebaliknya (Ascending atau Descending).

Bubble sort atau metode gelembung adalah metode/algoritma pengurutan dengan dengan cara melakukan penukaran data dengan tepat disebelahnya secara terus menerus sampai bisa dipastikan dalam satu iterasi tertentu tidak ada lagi perubahan.

Saya Beri contoh :

Cararian.blog

Cararian.blog
Jika tidak ada perubahan berarti data sudah terurut. Disebut pengurutan gelembung karena masing-masing kunci akan dengan lambat menggelembung atau berubah ke posisinya yang tepat dan sesuai.

Metode ini memang merupakan metode lama, akan tetapi metode ini masih sering di pakai oleh banyak programmer, akan tetapi tidak hanya programmer saja yang memakai cara ini, tapi dari segi hal lain juga bisa digunakan cara ini.

salam, Pro.
LihatTutupKomentar
advertisement