Pengertian dan Contoh dari Class & Object C++

Sidikul Blogger - Kelas adalah perluasan konsep dari struktural data. Serupa dengan struktural data, class dapat berisi anggota data (data member), tetapi kelas juga dapat berisikan fungsi-fungsi sebagai bagian dari anggotanya.
Sedangkan Objek adalah instasiasi dari kelas. Dalam kondisi variable, sebuah kelas akan menjadi tipe, dan objek akan menjadi variabelnya

Access specifier terdiri dari tiga buah kata kunci dasar yaitu : private, public, dan protected. Modifikasi dari ketiga spesifikasi ini akan memberikan akses yang benar untuk anggota-anggota yang mengikutinya.
·       -  Private,  anggota yang mengikuti akses private hanya dapat diakses oleh anggota yang berasal dari kelas yang sama.
·      -   Public, anggota yang mengikuti akses public dapat diakses dari mana saja oleh siapa saja selama objek kelas itu terlihat (dikenali).
·      -   Protected, anggota yang mengikuti akses protected hanya dapat diakses oleh anggota yang berasal dari kelas yang sama.  Tetapi juga dapat diakses oleh anggota dari kelas yang diturunkan (derived class).
l- --> Example :
   #include<iostream>
   using namespace std;

   class Saya{
   private:
     string id;
     string nama;
     string kelamin;
   public:
     Saya();
     void Out();
  };

   Saya::Saya(){                //Object
     id="998543xxx";
     nama="Sidikul Blogger":
     gender="Laki-laki";
  }

  void Saya::Out(){
     cout<<""<<nama<<endl;
     cout<<""Your Nama"<<nama<<" and ID "<<id<<endl;
  }

  int main(){
     Saya dia;
     dia.Out();
     return 0;
  }
LihatTutupKomentar
advertisement