[UPDATE] Pembahsan Lengkap Ciri-Ciri Pithecanthropus Erectus

Manusia Purba Pithecanthropus Erectus - Di Indonesia ialah salah satu negeri yang banyak mempunyai sejarah menimpa manusia purba, salah satunya ialah pithecanthropus erectus yang tersebar dengan luas pada era dulu. Pengetahuan ini didapatkan pada dikala temuan menimpa fosil- fosil manusia purba banyak ditemui.

Jenis pithecanthropus sendiri mempunyai banyak tipe di Indonesia, selain itu banyak jenis lainnya yang tersebar dengan luas di bermacam daerah.
Table of Contents [Hide]

    Pithecanthropus Erectus Adalah

    Pengertian Pithecanthropus Erectus merupakan manusia purba berasal dari bahasa Latin yang maksudnya phithecos ialah kera, anthropus maksudnya manusia, erectus berarti berdiri tegak.

    Jadi Pithecanthropus erectus artinya manusia kera yang berdiri tegak. Mereka sudah punah serta saat ini tercantum genus Homo erectus.

    Manusia purba Pithecanthropus erectus hidup pada era batu tua( palaeolithikum), manusia kera ini ditemui awal kalinya oleh Eugène Dubois pada tahun 1891.

    Mereka berangkat ke daratan Asia bertujuan buat menciptakan fakta serta sejarah nenek moyang manusia di daratan tersebut. Sebab gagasan utama Dubois pada dikala itu melaporkan kalau manusia purba berasal dari daratan tersebut.

    Lengkap ciri-ciri Pithecanthropus Erectus

    Berikut karakteristik raga Pithecanthropus Erectus secara lengkap ialah :
    • Mempunyai volume otak pithecanthropus erectus dekat 900 cc.
    • Besar tubuh 165 hingga 180 cm
    • Mempunyai berat tubuh dekat 80 kilogram hingga dengan 110 kg
    • Wujud mukanya menyamai kera
    • Mempunyai dagu yang kecil sebaliknya bagian mulut menonjol
    • Memakan berkembang tumbuhan
    • Bagian ubun- ubun pendek
    • Bagian balik kepala menonjol
    • Mempunyai benjolan dibagian kening serta melintang sejauh pelipis
    • Memiliki tulang pipi yang menebal
    • Mempunyai bentuk badan badan tegap
    • Mempunyai gigi serta rahang yang kokoh serta besar
    • Memiliki hidung yang tebal

    Jenis-jenis Manusia Purba Pithecanthropus

    Berikut ini adalah Jenis Manusia Purba Pithecanthropus yang telah ditemukan sampai sekarang.

    1. Pithecanthropus Mojokertensis
    2. Pithecantropus Soloensis
    3. Pithecantropus Robustus

    Sejarah Pithecanthropus Erectus

    Manusia kayak ini mempunyai bermacam- macam tipe dengan nama ataupun kalangan yang berbeda- beda antara jenis satu serta yang lainnya. Pada tahun 1891 seseorang dokter yang berasal dari Belanda serta mempunyai keahlian sebagai seseorang paleoantropologi melakukan temuan.

    Adapun dikala itu yang ditemukan merupakan sebagian fosil tengkorak semacam paha, gigi, tulang pada bagian atas, serta yang lain di dekat tepi sungai bengawan Solo, Jawa Timur.

    Nama pithecanthropus jenis erectus ini sendiri berasal dari suatu bahasa Yunani dengan makna ataupun bahasa latinnya yang ialah manusia kera yang berdiri tegak.

    Pithecanthropus erectus merupakan salah satu manusia purba yang artinya Kera tegak yang dapat berjalan.

    Pas pada tahun 1936 sudah ditemukan fosil yang lebih lengkap menimpa manusia purba ini, oleh seseorang pakar paleontologi serta geologi dari Jerman. Temuan tersebut tepatnya di Desa Sangiran, Jawa Tengah.

    Tidak cuma itu fosil tertua yang sudah ditemui terletak di wilayah Great Rift Valley.

    Perihal ini membuat munculnya teori lain yang melaporkan kalau temuan fosil dari pithecanthropus merupakan salah satu wujud yang jadi peralihan antara manusia purba serta manusia modern.

    Banyak disimpulkan pula kalau kebanyakan manusia ini hidup di Era Pleistosen yang tersebar ke bermacam tempat.

    Sehingga pithecanthropus erectus hidup pada zaman di sekitar zaman batu madya (neolitikum) yaitu antara 500 ribu hingga 1 juta tahun yang lalu.

    Gambar fosil Pithecanthropus Erectus

    Ini adalah gambar yang berhasil di ambil dari beberapa sumber, baik dari menumen, diorama hingga foto asli yang ada di internet.



    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai hal Ciri-Ciri Pithecanthropus Erectus, yang kami kupas secara lengkap dan terbaru.
    LihatTutupKomentar
    advertisement