Cara membuat PC Dual Boot Windows 7 dan Lunix Ubuntu | triks12

 Cara membuat PC Dual Boot Windows 7 dan Lunix Ubuntu

triks12.jpg
Cara membuat PC Dual Boot Windows 7 dan Lunix Ubuntu - Nah bagaimana sih caranya bikin Dual Boot di Winsows 7? pernah bertanya soal hal ini pada diri anda atau bertanya pada kawan anda?

Ok saya akan sedikit bercerita sedikit tentang Dual Boot. Dual Boot itu apa sih? Dual Boot atau Multi-booting adalah suatu yang bisa dilakukan ketika kita ingin suatu sistem itu di rubah atau di tambahkan sebuah sistem yang baru dan berbeda, namun dalam konteks yang sama dalam artian tetap dalam satu alat. Jadi intinya adalah cara kita untuk memodifikasi sebuah sistem agar bisa multi fungsi.

Untuk membuat Dual Boot pada OS Windows &7 yang harus di perhatikan adalah kapasitas dari si CPU sendiri yang minimal memiliki RAM 2GB. caranya sangat mudah kok :

Kita Install dulu Ubuntu ke Windows 7.

1. pertama adalah membuat ruang kosong di Windows 7. Caranya ialah klik Start --> Computer --> Manage.

triks12.jpg
2. Lalu selanjutnya Disk Management --> klik kanan pada partisi System/C lalu pilih Shrink Volume.

triks12.jpg
3. Saya contohkan, saya akan membuat Shrink Volume dengan saya contohkan adalah 8156GB atau sekitar 8GB, nah jikalau sudah maka anda sekarnag tinggal klik Shrink.

triks12.jpg
4. Setelah proses pembuatan ruang kosong selesai, maka yang harus anda sediakan adalah CD/DVD ubuntu. Kemudian anda  Masukkan CD/DVD ke room dan setting boot dari CD/DVD, jangan lupa restart PC anda.

Apabila kalian sudah dihidupkan kembali PC kalian, maka kalianakan dibawa ke sebuah tampilan.
triks12.jpg

triks12.jpg
Pilih Something Else dan Klik Continue.
triks12.jpg
Selanjutnya pilih Free Space dan klik ad. untuk membuat ruang swap.

triks12.jpg
Tentukan ukuran untuk swap yang akan dibuat, contoh saya menggunakan 500/500MB. Pada pilihan Use as pilih Swap area --> OK.

triks12.jpg

 tahap selanjutnya, klik add lagi untuk membuat partisi ubuntu. untuk kali ini kita menggunakan semua sisa ukuranruang kosong. Dan untuk pilihan Use as pilih ext4 journaling file system, sedangkan untuk Mount point tambahkan / (garis miring). Jika semua tahap sudah selesai tekan OK.
triks12.jpg
Untuk tahap penutupan kalian sekarang tinggal menekan tombol Install now, dan tunggu sampai proses selesai.
LihatTutupKomentar
advertisement